Keterampilan
Menulis di Mulai Dari Berlatih
A. Arti terampil
dalam berbahasa
Keterampilan berbahasa ada empat aspek yaitu keterampilan
berbicara, menyimak, menulis, dan membaca. Dalam berbicara si pengirim pesan
mengirimkan pesan dengan menggunakan bahasa lisan. Kemudian, dalam menyimak si
penerima pesan berupaya memberi makna
terhadap bahasa lisan yang disampaikan orang lain. Selanjutnya, dalam menulis
si pengirim pesan mengirimkan pesan dengan menggunakan bahasa tulis. Di pihak
lain, dalam membaca si penerima pesan berupaya memberi makna terhadap bahasa tulis yang disampaikan orang lain.
Dalam mengirimkan pesan, antara lain si pengirim harus
memiliki keterampilan dalam melakukan proses encoding. Sebaliknya dalam
menerima pesan si penerima harus memilki keterampilan dalam melakukan proses decoding.
Keterampilan
berbahasa bermanfaat dalam melakukan interaksi komunikasi dalam masyarakat yang
keberhasilannya, antara lain bergantung pada tingkat keterampilan berbahasa
yang dimiliki oleh seseorang,
Aspek aspek keterampilan berbahasa
Sehubungan dengan penggunaan bahasa, terdapat empat
keterampilan dasar bahasa, yaitu mendengarkan (menyimak), berbicara, membaca,
dan menulis
A.
MENDEGARKAN
Mendengarkan adalah
keterampialn memahami bahasa lisan yang bersifat reseftif. Dengan demikian di
sini berarti bukan sekedar mendengarkan bunyi-bunyi bahasa melainkan sekaligus
memahaminya. Dalam bahasa pertama (bahasa ibu), kita memperoleh keterampilan
mendengarkan melalui proses yang tidak kita sadari sehingga kitapun tidak
menyadari begitu kompleksnya proses pemerolehan keterampilan mendengar tersebut.
Berikut ini adalah keterampilan-keterampilan mikro yang
terlibat ketika kita berupaya untuk memahami apa yang kita dengar, yaitu
pendengar harus;
1.
Menyimpan/mengingat unsure bahasa yang didengar menggunakan daya ingat jangka
pendek (short term memory)
2. Berupaya membedakan bunyi-bunyi
yang membedakan arti dalam bahasa target,
3. Menyadari adanya bentuk-bentuk tekanan dan nada, warna
suara dan intinasi, menyadari adanya reduksi bentuk-bentuk kata,
4. Membedakan dan memahami arti dari kata-kata yang
didengar,
5. Mengenal bentuk-bentuk kata yang khusus (typical
word-order patterns)
6. Mendeteksi kata-kata kunci yang mengidentifikasi topic
dan gagasan;
7. Menebak makna dari konteks,
8. Mengenal kelas-kelas kata,
9. Menyadari bentuk-bentuk dasar sintaksis,
10. Mengenal perangkat-perangkat kohesif (recognize
cohesive devices)
11. Mendeteksi unsure-unsur kalimat seperti subjek,
predikat, objek, preposisi, dan unsure-unsur lainnya.
- BERBICARA
Berikut ini beberapa keterampilan mikro yang harus dimiliki
dalam berbicara, dimana permbicara harus dapat;
1. Mengucapkan bunyi-bunyi yang berbeda secara jelas
sehingga pendengar dapat
membedakannya;
2. Menggunakan tekanan dan nada serta intonasu secara jelas
dan tepat sehingga pendengar daoat memahami apa yang diucapkan pembicara,
3. Menggunakan bentuk-bentuk kata, urutan kata, serta
pilihan kata yang tepat
4. Menggunakan register atau
ragam bahasa yang sesuai terhadap situasi komunikasi termasuk sesuai ditinjau
dari hubungan antar pembicara dan pendengar;
5. Berupaya agar kalimat-kalimat utama jelas bagi pendengar
6. Berupaya mengemukakan ide-ide atau informasi tambahan
guna menjelaskan ide-ide utama
7. Berupaya agar wacana berpautan secara serasi sehingga
pendengar mudah mengikuti pembicaraan
Untuk
kawan2 yang ingin menDownload Filenya secara lengkap jangan Khawatir
untuk masalah itu, kawan bisa MENDOWLOADnya Di SINI.!
No comments