-->

TERAMPIL MENULIS DIMULAI DARI PEMBIASAAN



TERAMPIL MENULIS DIMULAI DARI PEMBIASAAN

Kemampuan dapat diartikan sebagai kesanggupan seseorang dalam melakukan kegiatan.Kemampuan adalah daya untuk suatu tindakan sebagai hasil dari pembawaan dan latihan.Berbicara tentang kemampuan tidak tepat kalau tidak dihubungkan dengan kemampuan berbahasa.Kemampuan berbahasa merupakan kesanggupan menggunakan bahasa untuk menyampaikan suatu maksud kepada orang lain serta memahami maksud yang disampaikan oleh orang lain dalam suatu peristiwa komunikasi. Sehubungan dengan kemampuan berbahasa tersebut, dikenal dua istilah, yaitu (1) competence; dan (2) performance.Konsep "competence" dan "performance" dikemukakan oleh Chomsky yang mengatakan bahwa competence adalah pengetahuan yang dimiliki oleh pembicara/pendengar atau penulis/pembaca tentang bahasanya, sedangkan yang dimaksudkan dengan performance adalah aktualisasi pemakaian bahasa oleh pembicara/pendengar atau penulis/pembaca dalam situasi yang kongkret.Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa adalah kemampuan berkomunikasi yang meliputi kemampuan mewujudkan penguasaan kaidah-kaidah dalam bahasa yang telah diketahui (competence) ke dalam ujud pemakaian bahasa (performance) untuk mencapai tujuan komunikasi.
Pada hakikatnya, menulis adalah pengutaraan sesuatu dengan menggunakan bahasa secara tertulis. Dengan mengutarakan sesuatu itu dimaksudkan menyampaikan, memberitakan, menceritakan, melukiskan, menerangkan, meyakinkan, menjelmakan, dan sebagainya kepada pembaca agar mereka memahami apa yang terjadi pada suatu peristiwa atau suatu kegiatan.
Menulismerupakankomunikasi. Selanjutnya dikatakannya bahwa di dalam komunikasi menulis terdapat empat unsur, yaitu: (1) menulis merupakan bentuk ekspresi diri; (2) menulis merupakan sesuatu yang umum disampaikan ke pembaca; (3) menulis merupakan aturan dan tingkah laku; dan (4) menulis merupakan sebuah cara belajar. Sebagai bentuk dari ekspresi diri, artinya menulis bertujuan untuk mengomunikasikan, menyampaikan sebuah ide melewati batas waktu dan ruang.Artinya, menulis dapat dilakukan kapan saja, dan di mana saja sesuai dengan keadaan yang terdapatdalamdiripenulis.Menulisdapatdilakukansecara baik apabila di dalam diri penulis terdapat motivasi.Motivasi dapat timbul karena adanya faktor kegembiraan atau kesedihan yang terdapat dalam diri penulis. Oleh karena itu, di dalam tulisan terdapat ekspresi diri dari si penulis antara lain sebagai sesuatu yang umum, artinya tulisan dapat dilakukan secara positif maupun negatif. Penceritaan dalam tulisan merupakan sesuatu yang patutdiketahuiolehpembaca.Pembacaberhakmengetahuihasil tulisan, apabila tulisan tersebut dipublikasikan untuk kepentingan umum. Antara lain menulis sebagai aturan atau tingkah laku, artinya di dalam menulis terdapat rambu-rambu yang harus dipatuhi oleh penulis. Apabila itu berkaitan dengan tulisan ilmiah, bahasa yang digunakan merupakan bahasa ilmiah. Begitu pula, bagi tulisan yang ditujukan kepada surat kabar, maka bentuknya adalah tulisan populer. Seorang penulis perlu memahami dan mengetahui aturan-aturan yang terdapat di dalam menulis sehingga tulisannya dapat dipahami dan dimengerti pembaca sebagai sebuah cara belajar, artinya menulis dapat dijadikan sebagai alat bagi penulis untuk mengetahui berbagai kejadian, peristiwa, atau ilmu pengetahuan yang terdapat di dunia ini. Dengan menulis berarti seorang penulis telah mempelajari berbagai hal yang belum diketahuinya.


Untuk  kawan2 yang ingin menDownload Filenya secara lengkap jangan Khawatir untuk masalah itu, kawan bisa MENDOWLOADnya Di SINI.!
https://docs.google.com/file/d/0BzV0wLaPEo4NQm9falBYejBaWVk/edit
 

No comments