-->

MAKALAH KEPEMIMPINAN

MAKALAH KEPEMIMPINAN

BAB I

A.    PENDAHULUAN

http://coretanpenapribadi.blogspot.com/2013/03/makalah-kepemimpinan_31.htmlDalam kenyataannya kepemimpinan dapat mempengaruhi moral dan kepuasan kerja, keamanan, kualitas kehidupan kerja dan terutama tingkat prestasi suatu organisasi. Para pemimpin juga memainkan peranan keritis dalam membuntuk kelompok, organisasi, atau masyarakat untuk mencapai tujuan mereka. Kemudian timbul pertanyaan : Apa yang membuat seorang pemimpin efektif ?. hamper semua orang, bila diajukan pertanyaanitu akan menjawab bahwa pemimpin yang efektif mempunyai sifat – sifat atau kualitas tertentu yang diinginkan. Sebagai contoh, karisma, berpandangan kedepan, intensitas dan keyakinan diri. Hal itu akan menjadi salah satu topik bahasan dalam bab ini.



                Bagaimana juga, kemampuan dan keterampilan kepemimpinen dalampengarahan adalah factor penting efektifitas manajer. Bila organisasi dapat mengidentifisikan kualitas – kualitas yang berhubungan dengan kepemimpinan, kemampuan untuk menyeleksi pemimpin – pemimpin efektif akan meningkat. Dan bila organisasi dapat mengidentifikasikan perilaku dan teknik – teknik kepemimpinan efektif, organisasi barang kali dapat mempelejeri berbagai perilaku dan teknik tersebut, oleh karna itu akan dicapai pengembangan efektif personalia dan organisasi.

                           

BAB II

B.     KERANGKA TEORI

Kepemimpinan adalah bagian penting manejemen, tetapi tidak sama dengan manajemen. Kepemimpinan merupakan kemampuan yang dipunyai seseorang untuk mempengaruhi orang – orang lain agar bekerja mencapai tujuan dan sasaran. Manajemen mencakup kepemimmpinan, tetapi juga mencangkup fungsi – fungsi lain seperti perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan.

Kepemimpinan adalah sebuah keputusan dan lebih merupakan hasil dari proses perubahan karakter atau transformasi internal dalam diri seseorang. Kepemimpinan bukanlah jabatan atau gelar, melainkan sebuah kelahiran dari proses panjang perubahan dalam diri seseorang. Ketika seseorang menemukan visi dan misi hidupnya, ketika terjadi kedamaian dalam diri (inner peace) dan membentuk bangunan karakter yang kokoh, ketika setiap ucapan dan tindakannya mulai memberikan pengaruh kepada lingkungannya, dan ketika keberadaannya mendorong perubahan dalam organisasinya, pada saat itulah seseorang lahir menjadi pemimpin sejati. Jadi pemimpin bukan sekedar gelar atau jabatan yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang. Kepemimpinan lahir dari proses internal.

Jangan Melihat atau mendownload File secara lengkap (Lihat Disini).

No comments